Skip to content

Duduk Tawarruk atau Iftirosy pada Sholat 2 Rakaat ?


 

Perlu diketahui cara duduk di dalam sholat menurut sunnah ada 3 macam di antaranya : 1) duduk tawarruk; 2) duduk iftirosy 3) duduk iq’a.

Bagaimana cara duduk tawarruk ?

Humaid As Saidy d berkata :

… حَتََى إ ذا كَا نَتْ فى السَجَدَ ة الَتى فيهَا التَسْليْم، أخْرَجَهُ رجْلَهُ اليُسْرَى َوجَلَسَ عَلَى شَقّ الأيْسَر مُتَوَرّكًا

(رواه ابى حا تم فى صحيحه)

Artinya :

Hingga apabila sujud yang di dalamnya akan salam Rosululloh j mengeluarkan kaki kirinya dan duduk di atas sisi kirinya dalam keadaan tawwarruk (duduk dengan meletakkan pantatnya di atas tanah, pent.) [ HR Abu Hatim di dalam kitab shohihnya ].

Bagaimana cara duduk iftirosy ?

عَنْ عَا ءشَةَ قَا لَتْ : وَكَانَ َيفرشُ رجْلَهُ اليُسْرَى َوَينْصبُ رجْلَهُ اليُمْنَى (رواه مسلم)

Artinya :

Dari Aisyah رضى لله عنها , ia berkata , “ Dan beliau j menghamparkan kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya [ HR Muslim di dalam kitab shohihnya juz 1 no 497 ].

Bagaimana cara duduk iq’a?

كَا نَ أحْيَا نًا يُقعى (يَنْتَصبُ عَلىَ عَقبَيْه َوصُدُوْر قَدَ مَيْه (روا ه مسلم والبيها قى)

Artinya :

Rosululloh j terkadang duduk iq’a ( yaitu duduk dengan menegakkan telapak dan tumit kedua kakinya ) [HR Muslim dan Baihaqi].

 

Kemudian muncul pertanyaan ,”Bukankah Rosululloh j melarang duduk iq’a? Tidakkah dalil-dalil tersebut saling kontradiksi ?” Yang dilarang oleh beliau j, duduk iq’a seperti iq’anya anjing, yaitu duduk dengan menempelkan kedua pantat ke bumi , lalu kedua betis ditegakkan dan meletakkan keduan tangan ke bumi, sebagaimana duduknya anjing.

Abu Hurairah d berkata :

نَهَا نى خَليْلى j عَنْ إقعَاء كإ قْعَاء الكَلْب (رواه احمد و ابن أبى شيبه)

Artinya :

Sahabat karibku (Nabi j) telah melarangku duduk iq’a seperti iq’anya anjing [HR Ahmad dan Ibnu Syaibah].

Lebih tegas lagi penjelasan Ibnu Abbas tentang disyariatkannya duduk iq’a antara dua sujud sebagai berikut :

عَنْ طَا وُسَ قَالَ قُلْنَا لإ بْن عَبَّاس فى الإ قْعَاءعَلىَ القَدَ مَيْن، فَقَالَ هىَ السُنَّهُ فَقُلْنَا لَهُ إنَا لَنَرَاهُ جَفَاءً بالرَ جُل فقال ابنُ عَبَّاس بَلْ هىَ سُنَّةُ نَبيّكَ j(رواه مسلم وأبو داود)

Artinya :

Dari Towus, ia berkata ,” Kami bertanya kepada Ibnu Abbas tentang duduk iq’a, lalu beliau menjawab : Ia adalah sunnah. Lalu kami menimpali: Kami memandang bahwa duduk iq’a itu ( menunjukkan ) perangai kasar bagi seseorang. Lalu beliau berkata : Bahkan ia adalah sunnah nabimu .” [ HR Muslim juz 1,380,536, lihat juga Sunan Abi Dawud juz 1 hadist no 845 ]

Kapan cara duduk iftirosy dan tawarruk dilaksanakan dalam sholat ?

Ada beberapa pendapat di kalangan ulama :

a) Pendapat Imam Abu Hanifah dan pengikutnya.

Duduk iftirosy dilaksanakan pada semua duduk dalam sholat. Baik duduk di antara dua sujud, tasyahhud awwal, maupun tasyahhud akhir. Hanafiyah berpegang pada pendapat ini, m ereka berhujjah dengan keumuman hadist

عَنْ رفَا عَةَ أنَّ النَبىَ j قَا لَ للأَ عْرَابى إ ذا جَلَسْتَ فَا جْلسْ عَلىَ رجْلكَ اليُسْرَى (رواه احمد)

Artinya :

Dari Rifa’ah bahwasanya Nabi j berkata kepada orang Baduwi,” Apabila engkau duduk, duduklah di kakimu yang kiri [HR Ahmad].

b) Pendapat Imam Malik dan pengikutnya.

Duduk tawarruk pada semua duduk dalam sholat. Pendapat ini sangat lemah sekali, terbantah dengan hadist-hadist yang menjelaskan adanya duduk iftirosy.

c) Pendapat Imam Syafi’i dan Imam Ahmad Bin Hanbal serta pengikutnya.

Duduk iftirosy dilaksanakan bila berada pada tasyahhud awwal, dan duduk tawarruk pada tasyahhud akhir untuk sholat yang memiliki 2 tasyahhud. Syafi’iyah dan Hanabilah berpegang pada pendapat ini, dan pendapat ini yang rajih, insya Alloh Ta’ala. Pendapat ini didukung dalil yang kuat dan dalalah ( penunjukan ) dalilnya cukup jelas, di antaranya :

Dalil I :

فَاء ذَا جَلَسْتَ فى وَسَط الصَلاَ ة فَا ْطمَإنَّ وَا فْتَر شْ فَحْذَكَ اليُسْرَى ثُمَّ تَشَهَّدَ … (رواه ابوداود)

Artinya :

Bila kamu duduk di pertengahan sholat, hendaklah kamu tuma’ninah dan hamparkanlah paha ( telapak kaki, pent ) kirimu, kemudian bbacalah tasyahhud [ HR Abu Dawud juz 1 hadist no 860 dengan sanad jayyid seperti dikatakan Syaikh Albani dalam Sifat Sholat Nabi ].

Dalil II :

كَا نَ رَسُوْلُ الله j إذَا جَلَسَ فى الرَكْعَتَيْن افْتَرَشَ اليُسْرَى وَنَصَبَ اليُمْنَى وَوَضَعَ ابْهَا مَهُ عَلَى الوُسْطَى وَأشَا رَبا لسَبَابَة (أخرجه مسلم وابن حبا ن)

Artinya :

Biasa Rosululloh j apabila duduk dalam dua rakaat beliau hamparkan kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya, dan beliau letakkan ibu jari beliau di jari tengah, dan beliau berisyarat dengan jari telunjuknya [dikeluarkan oleh Ibnu Hibban ( no 1934 ) dan Imam Muslim di kitab shohihnya juz 2 hal 90].

Dalil III :

عَنْ أبى حُمَيْد أنَهُ قَا لَ فى وَصْفه صَلاَ ة النَّبى j ((فَا ء ذَا جَلَسَ فى الرَ كْعَتَيْن جَلَسَ عَلَى رجْله اليُسْرَى وَنَصَبَ اليُمْنَى، وَإذَاجَلَسَ فى الركعة الأ خرَة قدم رحلَهُ اليُسْرَى وَنُصَبَ الأخْرَى وَقَعَدَ عَلَى مَقْعَدَته (رواه البخارى)

Artinya :

Dari Abu Humaid bahwasanya ia menceritakan tentang gambaran sifat sholat Rosululloh j ,” Apabila beliau duduk dalam dua rakaat, beliau duduk di atas kaki yang kirinya dan menegakkan kaki yang kanannya, dan apabila beliau duduk di rakaat yang terakhir beliau memajukan kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya dan beliau duduk di atas tempat duduknya ( tawarruk )”. [ HR Bukhori juz 2, 305 ].

Bagaimana cara duduk bila sholat yang dilakukan hanya 2 rakaat atau 1 tasyahhud ?

Terjadi khilaf antara Imam Syafi’i dan pengikutnya dengan Imam Ahmad bin Hanbalرحمه الله dan pengikutnya.

a.Syafi’iyah berpendapat duduknya tawarruk.

Mereka berdalil dengan hadist Abu Humaid As Sa’idi ( lihat dalil III )

… فَاء ذَا جَلَسَ فى الرَكْعَة الأ خرَة…الخ

( …apabila beliau duduk di rakaat yang terakhir …….).

Menurut mereka, hadist ini bersifat umum, mencakup duduk terakhir baik sholat yang rakaatnya dua atau lebih.

b.Hanabilah membantah bahwa duduk tawarruk itu khusus tasyahhud akhir di dalam sholat yang memiliki dua tasyahhud.

Mereka berhujjah dengan hadist yang dijadikan dalil Syafi’iyah di atas, bahwasanya konteks hadist Abu Humaid menunjukkan akan hal itu ( tawarruk ). Beliau رحمه الله menceritakan sifat duduknya Rosululloh j pada tasyahhud awwal dan berdirinya, kemudian menyebut duduk tawarruk Jadi duduk tawarruk itu hanya terjadi pada rakaat yang terakhir untuk sholat yang memiliki dua tasyahhud [ periksa Taisirul Allam Syarah Umdatil Ahkam juz 1 hal 189 – 190 ].

Berikut komentar :

1. Syaikh M. Nasiruddin Albani رحمه الله di dalam kitab Sifat Sholat Nabi :

Bila sholat yang dilakukan hanya 2 rakaat seperti sholat Subuh Rosululloh j duduk iftirosy. ( Beliau berdalil dengan hadist riwayat Nasai juz 1/153 dengan sanad yang shohih ). Beliau juga menjelaskan hadist di atas sebagai hujjah disyariatkannya duduk iftirosy untuk sholat yang 2 rakaat atau 1 tasyahhud ( lihat Tamaamul Minnah ta’lik terhadap Fiqhus Sunnah Sayyid Sabiq ).

2. Syaikh Masyhur Hasan Salman حفضه الله dalam kitabnya Al Kaulul Mubin Fi Ahtho’il Mushollin :

Termasuk kesalahan sebagian orang yang sholat adalah melakukan tawarruk pada sholat yang dua rakaat seperti sholat Subuh, sholat Jum’ah, dan sholat sunnah; atau meninggalkan tawarruk pada sholat yang empat rakaat atau tiga rakaat di dalam tasyahhud akhir. Walaupun melakukan tawarruk dan meninggalkannya tidak merusak syarat sahnya sholat, akan tetapi beramal menurut sunnah itu lebih utama.

Maroji’ :

1. Fathul Bari Ibnu Hajar Al Asqolani

2. Fathur Robbani

3. Nailul Author Imam As Shaukani

4. Syarah Shohih Muslim.

 


Iklan
%d blogger menyukai ini: